Kali ini babang (bukan nama sebenarnya) akan memperkenalkan seorang aplikasi Odoo, berharap sih seorang cewek hehehe. Sebelum kita bahas apa itu Odoo? Sudah pada tahu belum ERP itu apa? Mungkin bertanya-tanya apalagi ini ERP, bagi yang belum mengenal dunia IT mungkin terasa asing bahkan ada juga sebagian yang berlalang buana di IT masih belum mengenal itu ERP dan sebagian lagi sudah menjadi mbah ERP. Wokeee no problemo, babang akan membahas sedikit tentang ERP. O iya kepanjangan ERP itu adalah Enterprise Resource Planning.

Menurut Wikipedia Indonesia, Perancanaan sumber daya perusahaan atau sering disingkat ERP dari istilah bahasa inggrisnya adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

Banyak sekali keuntungan dalam penggunaan ERP, diantaranya:

  • Integrasi data accounting,
  • Integrasi data inventory,
  • Integrasi data sales,
  • Integrasi data purchase,
  • Dan lain sebagainya.

Dalam ERP banyak sekali modul yang tersedia baik untuk accounting, crm, sales, project management, inventory, mrp, purchase, payroll, expense dan lain-lainnya. Untuk implementasi ERP tersebut banyak sekali software yang beredar saat ini, salah satunya adalah Odoo. Itulah sedikit penjelasan dari ERP jika ada pertanyaan bisa langsung di komen ya..

 

Tiba saatnya kita mengenal lebih dalam Odoo. What Odoo? Why Odoo? Buat babang Odoo sudah tidak asing lagi, karena tiap hari memang menggunakan Odoo, mungkin yang lain sudah lebih lama menggunakannya atau sekarang lagi ada yang mencoba, atau bisa juga baru dengar namanya. Tak kenal maka tak sayang ya, kok nggak nyambung gitu deh, wkwkwk.

 

What Odoo? Dalam penamaan, Odoo juga bertransformasi layaknya kehidupan kita ini, pada awal berdiri tahun 2005 bernama TinyERP, kemudian berganti nama OpenERP pada tahun 2009 dan yang terakhir bernama Odoo pada tahun 2014. Saat ini Odoo merupakan aplikasi bisnis ERP berbasis opensource yang terbaik dan populer. Versi terakhir sekarang adalah versi 11 dengan jumlah pengguna Odoo sekarang lebih kurang 3,7 juta, dan 1250 partner berdasarkan sumber langsung dari website Odoo.com.

Sejarah Odoo, sumber : Wikipedia

O iya babang lupa membahas apa pengertian Odoo. Odoo adalah sebuah perangkat lunak atau aplikasi bisnis (ERP) yang bersifat opensource yang memiliki fitur yang sangat lengkap mulai dari CRM, Sales, Purchase, Accounting, Inventory, Project Management, Event, Payroll, Website, e-Commerce dan lain-lain.

Why Odoo? banyak sekali alasannya babang memilih Odoo, salah satunya tidak memerlukan mahar untuk melamarnya tidak seperti melamar seorang cewek, hufff (jangan baper ya….), maksudnya tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis karna bersifat opensource bagi pengguna community. Sebenarnya Odoo menawarkan tiga solusi yang pertama Odoo enterprise yang artinya bisa install di-hardware sendiri dengan membayar licensi kepada Odoo, kedua Odoo Online Saas yang artinya kita membayar licensi kepada Odoo dan server-nya sudah langsung di sediakan oleh Odoo di cloud server dan yang ketiga Odoo community yang artinya tidak perlu membayar sedikitpun untuk mendapat akses kepada source code-nya dan bisa di-install di hardware manapun dan bisa kustomisasi modul yang sudah ada ataupun bisa membuat modul yang baru. Bagi yang penasaran ingin langsung mencoba bisa unduh di : Download Community.

Berikut babang gambarkan beberapa modul yang ada di Odoo, babang akan bagikan berdasarkan kategori ya

Untuk melihat lebih jelas bisa kunjungi : //github.com/mhdsyarif/odoo-roadmap.

Wuihhh banyak sekali ya modul yang disediakan oleh Odoo, yap memang Odoo menyediakan lebih kurang 300-an modul baik utama maupun pendukung dan itu bisa tambah banyak lagi, karna sekarang sudah banyak developer diseluruh dunia yang berkontribusi untuk membuat atau kustomisasi modul di Odoo baik yang bisa di unduh secara gratis juga.

Wuihhhh tidak terasa babang sudah banyak menggoreskan tinta itupun kalau dikertas hehehe, O iya mungkin itu sedikit tentang Odoo, untuk penjelasan permodul akan babang sampaikan pada kesempatan berikutnya. Semoga bermanffat dan sebagai penutup izinkan babang menggunakan pantun melayu yang bersumber dari //pantunmelayu.com.

 

Bunga dedap di atas para,

Anak dusun pasang pelita;

Andai tersilap tutur bicara,

Jari disusun maaf dipinta.

Tanam sirih dalam taman,

Gali lubang tepi perigi;

Terima kasih hadirin budiman,

Lain kali bersua lagi.

 

Artikel ini pertama kali babang tulis diblog pribadi : www.mhdsyarif.com

SourceMuhammad Syarif | ERP Specialist Proxsis BizTech

0
Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2018 IT Learning Center Indonesia
IT Learning Center @ Proxsis Space