Odoo merupakan salah satu penyedia jasa software ERP. Mereka mempunyai dua macam versi, yang pertama versi komunitas dan yang kedua versi enterprise.

Versi yang pertama adalah versi komunitas yang merupakan versi terbuka atau open source. Versi ini dapat kita temukan dibagian community dalam situs Odoo. Yang kedua adalah versi enterprise yang merupakan versi yang lebih eksklusif. Versi ini juga bisa anda langsung dapatkan di dalam situsnya secara langsung.

Bagi mereka sebuah software bisnis seharusnya dapat melakukan banyak hal tanpa menjadi rumit. Hal inilah yang mendorong mereka terus berkembang dan menciptakan software yang praktis untuk bisnis. Misi mereka adalah menyediakan software yang intutif, komplit, terintegrasi, mudah dikembangkan dan semuanya itu berjalan dengan mulus untuk setiap bisnis dan setiap pengguna.

Partner Odoo Indonesia

Perusahaan yang berpusat di Belgia ini sudah terkenal di seluruh belahan dunia. Mereka mempunyai kantor pusat di Grand Rosiere, Belgia dan ada dua kantor divisi lainnya yang juga terletak di Eropa. Untuk benua Amerika mereka mempunyai dua kantor yang berada di New York dan San Fransisco. Sedangkan di Asia sendiri mereka mempunyai kantor di Hong Kong dan India.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Jangan khawatir karena mereka mempunya partner di berbagai belahan dunia, salah satunya Indonesia. Sampai saat ini di Indonesia terdapat 18 belas partner tersebar di beberapa tempat. Jika masih sulit untuk mencari para partner Odoo Indonesia yang ada, kita bisa langsung menghubungi perusahaan IT terpercaya dan berkonsultasi mengenai software Odoo ini.

Odoo untuk bisnis

Perkembangan perusahaan yang sangat cepat banyak membuat orang bertanya-tanya. Kebanyakan orang penasaran mengapa mereka bisa berkembang dengan cepat. Orang-orang pun mulai mencari-cari apa yang membuat Odoo ini berbeda dari software ERP lainnya.

Odoo mempunya 30 aplikasi yang ditingkatkan secara berkala. Aplikasi ini masuk ke dalam kategori enterprise. Mereka juga mempunyai komunitas yang luar biasa. Komunitas inilah yang membawa perbedaan yang besar antara Odoo dan software ERP lainnya.

Komunitas mereka memiliki lebih dari 1500 member yang aktif. Para member ini juga telah berkontribusi menciptakan lebih dari 4500 aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut mencangkup berbagai macam bisnis yang ada. Hal ini bisa terjadi karena para member mereka mempunyai berbagai macam latar belakang bisnis dan juga keperluan yang berbeda.

Mereka sangat memperhatikan kenyamanan pengguna softwarenya dengan selalu memastikan aplikasi yang user friendly. Softwarenya juga dapat dikatakan sangat fleksibel, mereka dapat menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Dari pengguna kecil dan sederhana seperti bisnis start up maupun perusahaan besar atau raksasa. Mereka berperinsip untuk menggunakan satu aplikasi sedikit demi sedikit dan menggembangkannya sesuai dengan kebutuhan.

Hingga saat ini mereka mempunyai berbagai macam klien dengan berbagai macam bisinis yang berbeda. Perusahaan kecil dengan 1 user hingga ke perusahaan besar dengan lebih dari 300.000 users. Hal ini sekali lagi juga tidak terlepas dari peran komunitas. Komunitas ini terus berkembang, menjaga dan juga membuat inovasi baru dalam aplikasi untuk digunakan oleh berbagai macam bisinis.

Keunggulan Odoo

Tentu saja banyak sekali keunggulan yang dapat kita nikmati dari software ini. Selain dari kegunaan dasar sebagai software ERP, kita juga dapat menikmati hal-hal lainnya. Hal ini mungkin belum tentu dapat diberikan oleh para pesaing di pasaran.

Mudah untuk dikembangkan menjadi salah satu keunggulan utama yang diberikan oleh Odoo. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya para member aktif yang terus bertambah dan mengembangkan aplikasi baru dalam komunitasnya. Perkembangan mereka juga didukung oleh 420 pekerja dan 950 partners yang ada di seluruh dunia dan angka ini masih terus naik.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Odoo sangat mengedepankan kemudahan dan kepraktisan. Inilah yang menjadi keunggulan lainnya yang ditawarkan. Banyak orang mengatakan bahwa Odoo mudah digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun. Mereka juga bahkan memperhatikan sisi keindahan disamping sisi fungsi yang ada.

Keunggulan yang ketiga adalah perkembangan yang sangat cepat dan sangat mengikuti jaman. Mereka menyediakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses dari mana saja. Kita hanya memerlukan PC atau smartphone dan koneksi internet untuk bisa mengakses aplikasi ini. Mungkin semua hal ini dapat disediakan oleh para pesaing lainnya, tapi keunggulan Odoo sebenarnya adalah mereka dapat selalu menjadi yang terdepan dan ter-update dalam memenuhi kebutuhan bisnis kita. Hal ini tidak terlepas dari besarnya komunitas yang ada dalam Odoo.

Tersedianya berbagai macam kelas untuk kita belajar mengenai Odoo menjadi keunggulan tersendiri. Mereka menyediakan kelas online yang dapat diakses selama setahun penuh dengan harga $1000. Kelas ini ditunjukan untuk semua orang baik para pelajar, partner, atau bahkan klien untuk lebih mengerti tentang Odoo. Kelas online ini juga didesain dengan unik untuk menyesuaikan dengan tempo atau kemampuan belajar setiap individu. Disamping kelas online ini, tersedia juga kelas lainnya yang ada pada satu waktu sesuai dengan event yang diselenggarakan oleh Odoo.

Odoo dalam dunia pendidikan

Perusahaan yang bermarkas di Belgia ini juga menaruh perhatian ke dalam dunia pendidikan. Hal ini bisa kita lihat dengan adanya halaman tentang edukasi di dalam situs mereka. Mereka bahkan sudah membagi modul untuk para guru dan untuk para murid dengan isi yang berbeda.

Untuk para murid, mereka bisa langsung mengakses bagian “Students: Start now!” dibagian laman edukasi pada situs secara langsung. Mereka dapat langsung memilih contoh-contoh perusahaan yang sudah tersedia untuk mereka pakai sebagai contoh latihan. Hal ini dimaksudkan supaya para murid bisa mengetahui tentang software ERP dan juga menjadi terbiasa untuk menggunakannya.

Sedangkan untuk para guru, Odoo juga menyediakan bagiannya sendiri. Para guru bisa membuat perusahaannya sendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mengajar dalam pilihan “Build a Course”. Setelah selesai membuat perusahaanya, para guru bisa langsung membagikannya kepada para murid dengan cara “Share”.

Para guru juga mendapatkan beberapa keuntungan seperti Work on Odoo Online, Get unlimited database for teaching, dan Manage different users and databasesWork on Odoo Online merupakan keuntungan yang ditawarkan untuk para guru sehingga mereka tidak perlu meng-instal program atau aplikasi lagi karena mereka bekerja dengan Cloud. Dengan system Cloud ini juga para murid dapat mengerjakan tugas dirumah dengan komputer mereka masing-masing. Para murid juga tidak perlu membuat ulang setiap database sesuai dengan database guru, mereka hanya tinggal mengambilnya dari platform yang sudah tersedia.

Get unlimited database for teaching memungkinkan para guru untuk membuat database tanpa batasan. Database yang dibuat dapat bertahan selama 10 bulan dan para guru dapat membuat kembali databasenya yang kemudian akan bertahan selama 10 bulan lagi. Manage different users and databases juga diberikan kepada para guru untuk mengatur setiap users (para murid) dan juga semua databasesnya. Semuanya itu dapat dilakukan dari akun setiap guru.

Bagaimana cara guru menggunakannya

Cara untuk menggunakan free trial pada Odoo ini terbilang mudah. Kita hanya perlu memastikan bahwa URL nya diawali dengan “edu-“. URL tersebut haruslah dibawah nama dari perusahaan yang kemudian di depannya ditambah dengan “edu-“. Contoh langsung dari situs Odoo “edu-myschool.odoo.com”.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, database akan bertahan selama 10 bulan. Database ini dapat bertahan selama 10 bulan selama kita menggunakan “edu-” sebagai awalan nama dari database kita. Yang kedua kita juga perlu mengaktifkan database tersebut dari email yang dikirimkan oleh Odoo.

Untuk informasi yang lebih lengkap bisa diklik Education Guidelines. Kita juga bisa bergabung dengan Teachers mailing list dan bisa mulai bertukar ide dengan para guru lainnya. Sampai saat ini sudah lebih dari 300 orang guru yang tergabung dalam Teacher mailing list ini dari seluruh belahan dunia.

Kesimpulan

Odoo merupakan salah satu penyedia jasa ERP yang sangat diminati banyak orang. Kepraktisan dan kemudahan menjadi senjata utama dalam mengembangkan software ERP mereka. Mereka selalu mengembangkan software yang bisa digunakan untuk semua kalangan bisnis. Kita bisa mengimplementasikan Odoo ke dalam bisnis besar maupun kecil atau start up business.

Hal yang paling luar biasa dari Odoo adalah komunitasnya. Komunitas ini terdiri dari berbagai macam orang dari berbagai kalangan bisnis. Hampir bisa dipastikan kita bisa menemukan software atau modul yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis kita lewat komunitas yang besar ini. Komunitas ini jugalah yang membuat Odoo bisa sukses dalam menjawab setiap kebutuhan bisnis yang ada dan terus berinovasi mengikuti perkembangan jaman secara real time.

Karena banyaknya orang yang terlibat dalam hal ini, mereka memutuskan untuk membuka kelas secara online. Kelas ini bertujuan untuk membantu orang-orang yang ingin mengerti dan mempelajari Odoo dan fungsinya lebih dalam. Setiap orang dapat mengakses kelas yang ada secara online dengan membayar biaya kelas sesuai yang ditetapkan dan memilih kelas apa yang akan mereka ikuti. Kelas ini didesain sedemikian rupa sehingga bisa menyesuaikan dengan kemampuan belajar setiap orang.

Sadar akan pentingnya pendidikan juga mendorong perusahaan ini bergerak dibidang pendidikan. Mereka menfasilitasi baik guru maupun murid untuk bisa mengajar dan belajar secara langsung mengenai software ERP ini dalam penggunaannya di perusahaan secara nyata. Mereka juga sadar akan pentingnya komunitas, hal inilah yang juga mendorong Odoo untuk menciptakan komunitas untuk para guru di seluruh belahan dunia.

Sourcewww.bridgetech.co.id

0
Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2018 IT Learning Center Indonesia
IT Learning Center @ Proxsis Space